Sabtu, 05 Oktober 2013

iklan

A.Definisi Periklanan             
Definisi tentang iklan dan periklanan dapat kita temui di hampir semua kepustakaan iklan, periklanan dan pemasaran. Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat media dan dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada sebagaian atau seluruh masyarakat. Dari definisi diatas, jelas terlihata adanya empat unsur yang menentukan atau membentuk iklan, yaitu :
1. Pemrakarsa
2. Pesan
3. Media
4. Masyarakat             
SYARAT IKLAN YANG BAIK
1. Iklan yang Baik Menurut Teori AIDCA
Terdapat beberapa pendapat mengenai iklan yang bagus. Menurut Kasali (1995: 83:86) iklan yang bagus paling tidak memenuhi kriteria rumus yang disebut AIDCA. Rumus itu merupakan singkatan dari dari elemen-elemen:
1. Attention (perhatian)
2. Interest (minat)
3. Desire (kebutuhan)
4. Conviction (keinginan)
5. Action (tindakan)
Dalam elemen Attention, iklan harus mampu menarik perhatian khalayak sasaran. Untuk itu, iklan membutuhkan bantuan ukuran, penggunaan warna, tata letak, atau suara-suara khusus.
Untuk elemen Interest, iklan berurusan dengan bagaimana konsumen berminat dan memiliki keinginan lebih jauh. Dalam hal ini konsumen harus dirangsang agar mau membaca, mendengar, atau menonton pesan-pesan yang disampaikan. Selain itu, iklan juga harus memiliki komponen Desire, yaitu mampu menggerakkan keinginan orang untuk memiliki atau menikmati produk tersebut.
Setelah itu, iklan juga harus mempunyai elemen Conviction, yang artinya iklan harus mampu menciptakan kebutuhan calon pembeli. Konsumen mulai goyah dan emosinya mulai tersentuh untuk membeli produk tersebut. Akhirnya, elemen Action berusaha membujuk calon pembeli agar sesegera mungkin melakukan suatu tindakan pembelian. Dalam hal ini dapat digunakan kata beli, ambil, hubungi, rasakan, bunakan, dan lain-lain.
Namun demikian, dalam era yang serba over comunication iklan ini, penulis iklan harus cukup hati-hati. Banyak kalangan yang merasa alergi melihat iklan. Salah satu di antaranya karena iklan tersebut membosankan atau terlalu terkesan memaksa, seperti iklan berikut.
Disisi lain kita juga perlu memperhatikan rencana strategi pemasaran secara umum. Tentu saja target iklan untuk produk baru, akan sangat berbeda dengan iklan untuk produk yang sudah lama melekat dalam benak konsumen.
Begitu juga golongan target audience atau calon konsumen dan ciri fungsi produk dari iklan -- mempengaruhi pemakaian kata-kata yang akan dipakai. Bahasa yang dipakai untuk iklan yang target audience-nya anak-anak tentu berbeda dengan iklan yang target audience-nya orang dewasa laki-laki .Bahasa yang dipakai untuk iklan rokok tentu berbeda dengan iklan yang dipakai untuk iklan obat masuk angin. Untuk iklan obat masuk angin copywriter dapat menggunakan kata "segeralah minum obat X", namun untuk iklan rokok kata-kata itu tidak dapat digunakan. Di sini yang membedakan adalah ciri fungsi iklan. Obat masuk angin dipakai langsung untuk mengobati penyakit yang sering diidap oleh masyarakat. Sementara rokok digunakan konsumen untuk kenikmatan dan gaya hidup.
Oleh karena itu, rumus AIDCA sebagai syarat untuk iklan yang baik, tidak begitu relevan untuk saat ini. Hakim (2006: 49-63), menawarkan rumus iklan baik yang disebut dengan SUPER "A".


2. Iklan Baik: SUPER "A"
Rumus iklan SUPER "A" selain sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini yang over comunication, juga memperhatikan rencana strategi pemasaran, golongan konsumen, serta ciri fungsi produk. Rumus SUPER "A" merupakan singkatan dari elemen-elemen berikut ini.
a. Simple (S)
Simple artinya sederhana. Untuk brand baru kesederhanaaan ini dipahami sebagai "dapat dimengerti sekali lihat". Contohnya Iklan Kit Kat dengan slogannya "ada break ada Kit Kat." Slogan ini dengan mudah masuk dalam ingatan kita bahwa Kit Kat adalah makanan ringan untuk waktu istirahat.
b. Unexpected (U)
Unexpected artinya tidak terduga. Di tengah derasnya arus iklan yang kita lihat setiap harinya, iklan yang baik adalah iklan yang idenya tidak terduga, di luar bayangan kita sehingga kita berdecak kagum. Iklan seperti ini akan selalu diingat dan menjadi the top of mind, paling tidak dalam segmentnya.
c. Persuasive (P)
Persuafif disebut juga dengan daya bujuk, yang berarti mempunyai kemampuan menyihir orang untuk melakukan sesuatu. Iklan yang berpersuasif mampu menggerakkan konsumen untuk mendekatkan diri dengan brand dan tertarik untuk mencobanya.
Jangan lupa, daya persuasif sebuah iklan harus diarahkan pada brand. Sasarannya adalah konsumen tertarik kepada brand dari sebuah produk. Jangan sampai yang menjadi top of the Mind konsumen adalah iklan, bukan brand itu sendiri.
Jadi, benarlah adanya bahwa brand adalah hero (Hakim: 2006:57), brand adalah panglima (Dewi, 662005).
d. Entertaining (E)
Pernahkah Anda merasa kesal menonton iklan? Ataukah Anda merasa seperti dibodohi, dipaksa, dan merasa waktu Anda sia-sia untuk melihat iklan? Atau sebaliknya, Anda merasa terhibur ketika melihat sebuah iklan, berdecak melihatnya, dan ingin melihat lagi gambar atau tayangan iklan tersebut?
Dalam era yang sudah over comunication dan juga over iklan ini, pembuat iklan harus kreatif. Jangan sampai pesan yang kita sampaikan dalam iklan, menjadi tidak tersampaikan karena konsumen merasa kesal melihat iklan yang ditayangkan. Lebih lagi, jika kita menginginkan iklan yang kita buat teringat di benak konsumen.
Iklan yang standar mungkin tidak mengesalkan hati konsumen, namun iklan itu juga tidak akan tertanam dalam benak konsumen. Sebaliknya, iklan yang baik akan tertanam di benak konsumen. Iklan -iklan tersebut mengandung unsur hiburan.
Iklan yang mempunyai sifat menghibur mampu memainkan emosi konsumen untuk tertawa, menyanyi, menari, menangis, atau terharu. Iklan seperti itu mampu mengangkat simpati konsumen terhadap brand yang diiklankan.
e. Relevevant (R)
Dalam beriklan, kita dituntut untuk kreatif. Penyampaian iklan tidak harus lugas menunjukkan persuafif agar konsumen segera menggunakan iklan yang kita tawarkan. Iklan yang baik harus memnggunakan berbagai gaya berbahasa: asosiasi, analogi, hiperbola, metafora, dan lain-lain. Atau dengan kata lain, iklan bolehlah melantur kemana-mana, dengan syarat harus relevan. Iklan yang baik harus dapat dipertanggungjawabkan, harus tetap dapat dirasionalisasi, harus ada hubungan dengan brand dari produk yang kita iklankan.Iklan harus relevan dgn brand, baik brand positioning, maupun brand personality. Eksekusi (produksi) dari iklan harus diperuntukkan untuk brand. Sekali lagi brand adalah hero, brand adalah panglima. Dan, iklan harus relevan dengan brand.
f. Acceptable (A)
Unsur acceptable atau penerimaan sangat berkaitan dengan budaya yang berlaku di masyarakat. Membandingkan secara langsung produk kompetitor dengan produk yang kita iklankan, dirasa tidak dapat di terima oleh masyarakat. Begitu juga dengan iklan yang menampilkan kekerasan.
Iklan yang baik, adalah iklan yang dapat diterima oleh masyarakat, sesuai dengan nilai budaya setempat. Kode Etik Periklanan dan Undang-undang tentang perlindungan konsumen merupakan kesepakatan yang memcerminkan kepentingan masyarakat. Janganlah iklan melanggarnya. Meskipun demikian, terdapat beberapa bagian dari kesepakatan itu yang bersifat grey area, sehingga susah dijadikan pegangan. Untuk itu, berpeganglah pada hati nurani. Kita dianugerahi Tuhan sebuah hati nurani yang mampu menuntun kita untuk menilai apakah iklan yang kita buat, sesuai atau tidak dengan nilai-nilai budaya di masysrakat.
Tentu kita tetap menginginkan iklan yang kita buat menjadi the top of the Mind , sekaligus menjadi pendongkrak penjualan. Untuk itu, iklan yang baik haruslah dapat diterima oleh masyarakat.

Macam-Macam Iklan dan Contoh nya

IKLAN TAKTIS
Iklan yang memberikan penawaran spesial seperti discount serta bersifat jangka pendek yang membuat para pembeli akan segera membeli produk tersebut. Berikut ini contoh iklan taktis menurut yang saya amati. 
a.       Apartement Green Bay Pluit Agung Podomoro Group
green-bay-pluit-promo-7-july-20104
Penawaran khusus yang diberikan cara bayar sampai 36 kali, bangunan berjarak 7 meter dari pantai sehingga para penghuni nya dapat merasakan  aura pantai setiap hari, penawaran berlaku sampai akhir bulan ini, banyak fasilitas di sekitar apartement seperti Mall Bay Walk, dekat dengan Ancol dan Kep. Seribu, serta ada water spot yang tentu saja membuat anak-anak senang.
b.      Iklan Hypermart
hypermart-diskon-ramadhan-juli-agustus
Hypermart dapat disebut pasar modern, disini di jual berbagai kebutuhan hidup sehari hari Dapatkan penawaran khusus diskon 50%* di Hypermart Metropolis Town Square. Mulai tanggal 29 September 2012 bagi anda nasabah pemegang Kartu Kredit BTN dapatkan diskon hingga 50 % serta nikmati cashback 5%* bagi anda yang bertransaksi di semua merchant di:
  • Metropolis Town Square
  • Depok Town Square 
  • Cibubur junction
Periode ini berlaku dari 20 Juli sampai 20 September 2012

*Syarat & ketentuan berlaku

c.       Iklan Electronic Solution
Di electronic solution kita dapat belanja alat elektronik terbaru sesuai keinginan kita. Dapatkan discount 80 % bagi pemegang kartu BCA dan voucher serta hadiah menarik lainnya.  penawaran sampai 14 oktober 2012.=
es-10-10-2012

d.      Iklan Matahari
15852-thumb-matahari-promo-update
Iklan matahari di atas memanfaatkan hari libur sehingga diharapkan orang yang membaca iklan ini langsung pergi ke matahari untuk berbelanja.
Promo ini berlaku dari tanggal 5 April – 6 April
Di promo ini ditawarkan diskon 50% 1 hari hemat lebih awal Dan tambahan 20% khusus anggota MCC.
* Syarat dan ketentuan berlaku
e.       Iklan LG Optimus L7 dan L3
Iklan ini menjual produk Handphone LG Optimus L7 dan L3, dapatkan cash back 5% dari setiap pembelian handphone LG Optimus L7 dan L3. Promo ini berlaku dari tanggal 18-31 Oktober 2012.

global-lg-19-10-2012

2.      IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
Iklan Layanan Masyarakat atau Public Service Advertising merupakan iklan yang mengajak masyarakat untuk melakukan suatu tindakan untuk merubah perilaku  menjadi lebih baik.
a.       Iklan Pesan Anti Korupsi Sejak Dini
Iklan ini menjelaskan saat seorang anak malu memakai pakaian sekolah nya yang dibeli oleh ayahnya dengan uang korupsi.
Iklan ini mengajak kita untuk “tau malu”, mamlu jika korupsi karna korupsi sama saja kita mencuri hak yang bukan milik kita. Korupsi merupakan hal yang keji yang harus ditumpas sampai ke akar-akarnya.

b.      Iklan Kementrian Pendidikan Nasional Wajib Belajar 9 tahun.
wajib-belajar2
Iklan Wajib belajar 9 tahun ini mengajak agar anak-anak dapat bersekolah atau menempuh pendidikan setidaknya 9 tahun, agar lebih mudah mendapat pekerjaan atau mungkin kita bisa menciptakan pekerjaan itu sendiri.
c.       Iklan “Pajak” Apa Kata Dunia

Iklan ini mengajak kita untuk lebih giat membayar pajak, karna dengan membayar pajak semua fasilitas dapat kita dapatkan seperti jalan raya, fasilitas pendidikan, kesehatan subsidi bbm di seluruh indonesia
Dan dengan iklan ini kita harus bangga membayar pajak, karna dengan membayar pajak negera kita bisa sejahtera. Karna pelayanan pajak mudah dan sederhana tidak perlu repot.
d.      Iklan Imunisasi dari Kemenkes
Iklan ini mengajak orang tua untuk jangan lupa mengimunisasi kan bayi mereka agar terhindar berbagai macam penyakit. Iklan ini disampaikan langsung oleh Almarhum. Diharapkan dengan iklan ini para orang tua menyadari betapa pentingnya imunisasi bagi bayi.
e.       Iklan Program KB Andalan
Iklan ini dibuat agar masyarakat menyadari pentingnya penggunaan KB Andalan, iklan ini juga dibuat agar masyarakat dapat menanggulangi meluapnya jumlah penduduk, seperti slogan bahwa 2 anak lebih baik.

3.      IKLAN COMMERCIAL
Iklan comercial merupakan iklan untuk mempromosikan suatu produk ataupun jasa agar orang yang melihat tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

a.       Iklan Festival Senggigi 2012

brosur
Iklan ini dibuat oleh Pemerintah, iklan ini dibuat agar menarik para wisatawan agar mengunjungi untuk melihat Festival Senggigi yang dilaksanakan mulai tanggal 5 sampai 8 Juli 2012. Festival Senggigi ini menampilkan tarian-tarian daerah yang berasal dari dan berbagai kebudayaan khas serta para wisatawan juga dapat membeli handycraft asli buatan para penduduk setempat.
a.       Iklan KEMENDIKBUD Visit Lombok Sumbawa
Iklan ini dibuat oleh Kementrian Pendidikan dan Budaya, iklan ini mempromosikan Lombok, sumbawa. Pemerintah membuat iklan ini untuk menarik wisatawan agar menghabiskan liburan mereka di Lombok, karana di Lombok banyak hal yang indah yang dapat kita nikmati tidak kalah dari tempat wisata luar negeri.

4.      IKLAN COORPORATE
a.       Iklan Save Rhino with Sande
Iklan ini mengajak kita untuk menyelematkan badak bercula satu yang hampir punah, karna setiap pembelian produk itu artinya kita dapat membantu penyelamatan badak di Indonesia.
b.      Iklan Lifebouy
Iklan ini mengajak agar kita memberikan donasi 1000 setiap pembelian untuk membantu membangun tempat cuci tangan di sekolah- sekolah.
c.       Iklan Domeston
Di iklan ini mengajak para pemirsa untuk membantu gerakan 1000 toilet sekolah hygienes.
d.      Iklan Djarum Sampurna Kemerdekaan
Iklan ini mengajarkan kita untuk terus mengingat jasa perjuangan tokoh-tokoh kemerdekaan seperti Soekarno agar kita dapat menghargai hasil dari perjuangan mereka.
16-agustus-resize
e.       Iklan Vinneta walls berbagi 1000 kebaikan
Es krim Viennetta dari Wall’s meluncurkan “Berbagi 1000 Kebaikan” yang menyumbangkan Rp. 1000 setiap penjualan es krimnya untuk anak-anak korban gempa Sumatera dan dukungan pendidikan untuk anak-anak berprestasi dari kalangan yang tidak mampu.
adved_11912191331




1 komentar:

  1. Titanium Dog teeth implants by an I-Pad
    I-Pad is the most popular I-Pad trekz titanium pairing device. titanium wedding ring With its sleek and easy to use titanium (iv) oxide design, revlon titanium max edition the I-Pad is titanium price per ounce an all-in-one solution for both recreational and novice

    BalasHapus