A.
Pengertian
Perangkat
pembelajaran adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan
digunakan dalam proses pembelajaran. Dari uraian tersebut dapat dikemukakan
bahwa perangkat pembelajaran adalah sekumpulan media atau sarana yang digunakan
oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas.
B.
Tujuan
Tujuan
adanya perangkat pembelajaran adalah untuk memenuhi keberhasilan seorang guru
dalam pembelajaran.
C.
Pentingnya Perangkat Pembelajaran
Berikut
ini akan dijelaskan pentingnya perangkat pembelajaran yang perlu dipersiapkan
oleh seorang guru, antara lain :
1. Perangkat
pembelajaran sebagai panduan
Perangkat pembelajaran adalah
sebagai panduan atau pemberi arah bagi seorang guru. Hal tersebut penting
karena proses pembelajaran adalah sesuatu yang sistematis dan terpola. Masih
banyak guru yang hilang arah atau bingung ditengah-tengah proses pembelajaran
hanya karena tidak memiliki perangkat pembelajaran. Oleh karena itu, perangkat
pembelajaran memberi panduan apa yang harus dilakukan seorang guru di dalam
kelas. Selain itu, perangkat pembelajaran memberi panduan dalam mengembangkan
teknik mengajar dan memberi panduan untuk merancang perangkat yang lebih baik.
2. Perangkat
pembelajaran sebagai tolak ukur
Seorang guru yang
profesional tentu mengevaluasi setiap hasil mengajarnya. Begitu pula dengan
perangkat pembelajaran. Guru dapat mengevaluasi diri nya sendiri sejauh mana
perangkat pembelajaran yang telah dirancang teraplikasi di dalam kelas. Evaluasi
tersebut penting untuk terus meningkatkan profesionalime seorang guru. Kegiatan
evaluasi bisa dimulai dengan membandingkan dari berbagai aktivitas di kelas,
strategi, metode atau bahkan langkah pembelajaran dengan data yang ada di
perangkat pembelajaran.
3. Perangkat
pembelajaran sebagai peningkatan profesionalisme
Profesionalisme seorang
guru dapat ditingkatkan dengan perangkat pembelajaran. Dengan kata lain, bahwa
perangkat pembelajaran tidak hanya sebagai kelengkapan administrasi. tetapi
juga sebagai media peningkatan profesionalisme. Seorang guru harus menggunakan
dan mengembangkan perangkat pembelajarannya semaksimal mungkin. Memperbaiki
segala yang terkait dengan proses pembelajaran lewat perangkatnya. Jika tidak
demikian, maka kemampuan sang guru tidak akan berkembang bahkan mungkin
menurun.
4. Mempermudah
Perangkat pembelajaran mempermudah
seorang guru dalam membantu proses fasilitasi pembelajaran. Dengan perangkat
pembelajaran, seorang guru mudah menyampaikan materi hanya dengan melihat
perangkatnya tanpa harus banyak berpikir dan mengingat.
D.
Macam-macam Perangkat Pembelajaran
1.
Silabus
Silabus adalah rencana
pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang
mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator,
penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap
satuan pendidikan. Silabus bisa dikembangkan sendiri sesuai
kearifan lokal daerah masing-masing.
2. Kalender
Pendidikan
Kalender
pendidikan biasanya memuat tanggal-tanggal yang sudah direncakan untuk waktu
pembelajaran, baik tanggal ujian tengah semester, tanggal ujian akhir semester
maupun hari libur semester. Kalender pendidikan ini juga dapat menjadi panutan
untuk memulai maupun mengakhiri pembelajaran dalam satu semester.
3. Program
Tahunan
Program tahunan adalah suatu
program yang memuat rancangan atau program yang direncanakan untuk
pembelajaran.
4. Program
Semester
Program semester adalah suatu
program dibuat dengan mencocokkannya pada kalender pendidikan. Hal tersebut dilakukan
agar sesuai dengan kalender, kapan harus mengajar dan kapan harus libur.
5. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan
pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus.
6. Rencana
Pelaksanaan Harian
Rencana
Pelaksanaan Harian dibuat lebih rinci karena harus jelas materi apa yang aka diajarkan
dalam 1 semester ke depan. Rencana pelaksanaan harian ini dihitung perhari,
pertanggal, dan harus rinci.
7. Buku
Pelaksanaan Harian
Buku
pelaksanaan harian ini biasaya sudah disediakan oleh sekolah. Guru harus
mengisi buku ini setiap kali mengajar di kelas.
8. Presensi
Siswa
Presensi
harian biasanya sudah disediakan oleh sekolah. Guru hanya mengisi presensi
dengan memberikan tanda titik atau centang pada kolom-kolom yang disediakan.
Apabila terdapat siswa yang tidak hadir karena sakit maka tulis S, jika ijin
maka tulis I, jika tanpa keterangan maka tulis A (alpha).
9. Catatan
Hambatan Belajar Siswa
Catatan hambatan belajar siswa ini
dapat berupa buku atau lembaran. Catatan ini dibuat untuk mencatat siswa-siswa
yang terhambat, misalnya tidak memperhatikan pada saat guru memberi penjelasan,
sibuk berbicara dengan teman ataupun tidur dikelas.
10. Daftar
Buku Pegangan Guru dan Siswa
Membuat daftar buku pegangan guru
dan siswa seperti membuat daftar pustaka. Tuliskan buku apa saja yang dipakai
oleh guru dan buku apa saja yang dipakai oleh siswa. Sebaiknya buku yang
dipakai oleh guru lebih banyak daripada siswanya.
11. Analisis
KKM
Analisis
ini digunakan untuk menghitung KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang akan
ditetapkan pihak sekolah. Pada umumnya, KKM antara pelajaran yang satu dengan
pelajaran yang lain tidak sama.
12. Kisi-kisi
Soal
Kisi-kisi
dibuat sebelum menyusun soal, sehingga soal sesuai dengan kompetensi dasar dan
standar kompetensi yang ingin dicapai. Sebaiknya sebelum diadakan ujian, guru
memberitahukan kisi-kisi tersebut kepada siswanya.
13. Soal-soal
Ulangan
Soal dibuat dengan sebaik-baiknya
dengan mengacu kisi-kisi soal. Guru memberikan bobot pada setiap soal. Ada soal
yang berbobot sulit, sedang dan mudah. Soal-soal ujian tersebut dapat digunakan
untuk mengukur kemampuan siswa.
14. Buku
Informasi Penilaian
Buku
ini dibuat sebagai bukti bahwa guru sudah memberikan informasi mengenai ulangan
atau penilaian dan harus ditanda tangani siswa.
15. Analisis
Butir Soal
Analisis
butir soal dapat dilakukan dengan menggunakan software yang terdapat dalam komputer,
misalnya Ms Excel dan Anates.
16. Analisis
Hasil Ulangan
Analisis
ini digunakan untuk mengetahui seberapa banyak siswa yang tuntas belajar dan
yang belum tuntas belajar. Siswa yang mempunyai nilai sesuai ataupun di atas
KKM diberikan pengayaan. Sedangkan, siswa yang belum tuntas harus mengikuti
ujian ulang atau perbaikan sampai nilai siswa memenuhi KKM.
17. Program
/ Pelaksanaan Perbaikan
Program
perbaikan dibuat untuk memfasilitasi siswa yang harus mengikuti ujian ulang
atau perbaikan. Pelaksanaannya juga dituliskan. Kemudian harus dituliskan nilai
sebelum dan sesudah perbaikan.
18. Program
/ Pelaksanaan Pengayaan
Program
pengayaan berisi kapan pengayaan akan dilaksanakan dan pelaksanaan pengayaan ini
ditujukan untuk siswa yang telah mencapai KKM
19. Daftar
Pengembalian Hasil Ulangan
Daftar
pengembalian hasil ulangan digunakan untuk bukti bahwa hasil ulangan sudah
dibagikan kepada siswa. Nilai dan tanda tangan harus tercantum dalam daftar
pengembalian hasil ulangan.
20. Buku
Ulangan Bergilir
Buat
aja pakai buku tulis, ntar kalau pas ulangan salah satu siswa mengerjakan
dibuku tersebut. Ulangan berikutnya ganti siswa yang lain
21. Daftar
Nilai
Nah
ini yang sangat wajib harus dimiliki setiap guru yaitu daftar nilai.
22. Laporan
Penilaian Akhlak Mulia dan Kepribadian Siswa
Ini
daftar nilai juga cuma nilainya rentangnya A,B,C dan D bukan angka seperti
nilai pelajaran
23. Buku
Tugas Terstruktur
Buku
tugas ini dibuat untuk tugas yang sifatnya pengumpulannya tertentu waktunya,
sesuai SK/KD
24. Buku
Tugas Mandiri
Hampir
sama dengan buku tugas terstruktur, cuma bedanya buku ini dibuat untuk
menuliskan tugas-tugas yang jeda pengumpulannya lebih lama seperti akhir
semester
25. Jadwal
Mengajar
DAFTAR PUSTAKA
Anonim.
2013. “Pengertian Perangkat Pembelajaran”. Diambil dari http://pustaka.pandani.web.id/2013/03/pengertian-perangkat-pembelajaran.html
Pada 10 Juni 2013.
Anonim.
2011. “Macam Perangkat Yang Harus Dibuat”. Diambil dari http://www.mrwindu.com/2011/06/24-macam-perangkat-yang-harus-dibuat.html#ixzz2BlKGK8w1
Pada 10 Juni 2013.
Anonim.
2012. “Pentingnya Perangkat Pembelajaran”. Diambil dari http://dakwahdigital.blogspot.com/2012/11/pentingnya-perangkat-pembelajaran.html
Pada 10 Juni 2013.
kalo dalam matematika gmna say :O
BalasHapusposting tempatku juga yaa tiaratianisa05.blogspot.com